RSS

BAB 3 METODELOGI PENELITIAN

23 Okt

3.1 MODEL PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan data primer , data primer adalah data yang diperoleh dengan cara memberi pertanyaan kepada responden yang dituju dengan memberi penjelasan mengenai penelitian ini sebelumnya. Namun dalam penelitian ini pertanyaan dilakukan secara tidak langsung. Didalam pertanyaan terdapat 4 variabel, yaitu variable X1 = Informasi, X2 = Lifestyle, X3 = Aplikasi, X4 = Bentuk, sedangkan variable Y sendiri adalah Blackberry. Jadi dapat digambarakan seperti yang dibawah ini ;

Dapat dikatakan dari gambar diatas bahwa ke empat variable tersebut mempunyai pengaruh terhadap penggunaan Blackberry.

3.2 DATA DAN VARIABEL
Data
Data dalam penelitian ini menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh dengan cara memberi pertanyaan kepada responden yang dituju dengan memberi penjelasan mengenai penelitian ini sebelumnya.
Didalam penelitian ini memiliki beberapa variable berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai variable yang ada :
Variabel bebas (independent variable)
Variabel bebas (independent variable) atau exogenous variable yaitu variabel yang mempengaruhi variasi perubahan nilai variabel terikat. Dalam penelitian ini, sebagai variabel bebas adalah Informasi, Lifestyle, Aplikasi, Bentuk (X).
Variabel terikat (dependent variable)
Variabel terikat (dependent variable) atau endogenous variable yaitu variabel yang nilainya tergantung dari variasi perubanan nilai variabel lainya. Variabel terikat dari penelitian ini adalah Blackberry (Y).
3.4 ALAT ANALISIS
Alat yang digunakan dalam analisis ini menggunakan media elektronik melalui via short messages (sms). Hal tersebut dikarenakan singkatnya waktu yang diperlukan dalam pengumpulan data, maka penelitian ini dilakukan dengan alat yang seefisien mungkin.

3.5 CARA PENGAMBILAN DATA DAN SUMBER DATA
Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan secara via short message (sms), dengan mengajukkan beberapa pertanyaan sederhana. Seperti dibawah ini :
a. Alasan apa yang membuat anda menggunakan produk Blackberry ?
b. Apakah ada pengaruh pemakaian bagi anda dari segi positif dan negative ?
c. Adakah keinginan anda untuk mengganti produk Blackberry ?
Sedangkan sumber data disini diambil dari beberapa mahasiswa/mahasiswi dibeberapa Universitas yang menggunakan Blackberry.
3.6 TAHAPAN PENELITIAN
Tahapan – tahapan penelitian :
1. Penentuan judul yang sedang merabak dikalangan masyarakat.
2. Penentuan target responden.
3. Membuat kuesioner.
4. Pengumpulan data.
5. Menganalisis dengan menggunakan uji chi square.
6. Pengambilan kesimpulan dari analisis.

3.6 POPULASI DAN SAMPEL
Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah para mahasiswa/mahasiswi dari beberapa Universitas yang ada seperti Universitas Gunadarma (yang menjadi mayoritas), Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Syarif Hidayatullah, Universitas Bina Nusantara dan Universitas lainnya. Sedangkan sampel sendiri diambil 30 orang demi kepentingan validitas alat ukur analisis.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 23, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: