RSS

ANALISIS JURNAL (TUGAS 3)

09 Okt

1. JUDUL :
Analisis Konsumen Terhadap Pengaruh Penggunaan Blackberry Serta Kesetiaan Konsumen Terhadap Merek.

1.1 Pengarang : Dea Amalia
1.2 Tahun : 2011

2. TEMA :
Perilaku Konsumen Terhadap Produk

3. LATAR BELAKANG MASALAH :
Pada dasarnya kehidupan ini pasti berkembang menuju hal yang lebih modern. Seperti yang diketahui sekarang, manusia adalah makhluk social dan mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi. Maka dari itu dengan berkembangnya kehidupan ini, manusia pun menyadari bahwa membutuhkan informasi secara cepat dan akurat. Dan untuk hal itu tidaklah sulit sekarang, karena akses internet telah mudah untuk didapatkan. Teknologi pun berkembang dengan lahirnya produk-produk yang berbasis internet. Contohnya saja salah satu smartphone yaitu Blackberry. Smartphone ini sangatlah digandrungi saat ini. Mulai dari kalangan tua maupun muda banyak yang menggunakannya.
Blackberry sendiri mempunyai tingkat keunggulan yang dapat menarik konsumen seperti koneksi internet 24 jam nonstop, fasilitas push email, online melalui situs jaringan social, chatting, GPS. Maka dari beberapa keunggulan tersebut menyebabkan pengguna dari produk ini meningkat. Blackberry sendiri muncul di Indonesia sekitar tahun 2005 dan peningkatan penggunaan terjadi pada tahun 2008-2010.
Perilaku konsumen pun disini sangatlah menonjol. Contohnya saja konsumen menjadi lebih konsumerisme. Karena secara tidak disadari pengguna blackberry sendiri memerlukan budget yang lebih demi mendapatkan informasi dari fitur/aplikasi yang ada didalam produk tersebut.

4. MASALAH :
1. Apakah ada penyebab penggunaan produk Blackberry ?
2. Apakah ada pengaruh dari penggunaan produk Blackberry ?
3. Seberapa besar tingkat kesetian konsumen terhadap merek Blackberry ?

5. TUJUAN :
1. Untuk mengetahui apakah penyebab dari penggunaan Blackberry.
2. Untuk mengetahui pengaruh apa saja yang ada saat penggunaan Blackberry.
3. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesetian konsumen terhadap produk Blackberry.

6. METODELOGI
6.1 Jenis dan Sumber Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah data yang diperoleh dengan cara member pertanyaan pada partisipan yang dituju dengan member penjelasan mengenai penelitian ini sebelumnya.
6.2 Populasi dan Sampel
Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah para mahasiswa/mahasiswi dari beberapa Universitas yang ada seperti Universitas Gunadarma (yang menjadi mayoritas), Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Syarif Hidayatullah, Universitas Bina Nusantara dan Universitas lainnya. Sedangkan sampel sendiri diambil 30 orang demi kepentingan validitas alat ukur analisis.
6.3 Prosedur Pengumpulan Data
Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan secara via pesan singkat (sms), dengan mengajukkan beberapa pertanyaan sederhana. Seperti dibawah ini :
a. Alasan apa yang membuat anda menggunakan produk Blackberry ?
b. Apakah ada pengaruh bagi anda dari segi positif dan negative ?
c. Adakah keinginan anda untuk mengganti produk Blackberry dengan produk handphone lainnya ?

7. ANALISIS dan HASIL
7.1Analisis penyebab penggunaan Blackberry
Penilaian Responden
1.Indikator
A. Aplikasi yang banyak membuat banyaknya pengguna
B. Lifestyle
C.Keunikan dari bentuk produk
D.Mudah melakukan komunikasi dan mendapatkan Informasi
2. Frekuensi skor jawaban
A. TS : 0 S : 0 SS :30
B. TS : 18 S : 7 SS :5
C. TS : 17 S : 11 SS :2
D. TS : 0 S : 0 SS :30
3. Kategori
A. Sangat Setuju
B. Tidak Setuju
C. Tidak Setuju
D. Sangat Setuju
*Keterangan : TS menununjukkan Tidak Setuju, S menunjukkan Setuju, dan SS menunjukkan Sangat Setuju.

7.2 Hasil
Hasil analisis menunjukkan bahwa banyaknya penggunaan Blackberry didasari karena aplikasi yang ada didalamnya membuat pengguna mudah dalam melakukan komunikasi serta mendapatkan informasi secara cepat.

7.3 Analisis tingkat pengaruh penggunaan Blackberry
Penilaian Responden
1. Indikator
A. Menyita banyak waktu dan menjadi sibuk sendiri
B. Pemborosan dalam pembelian pulsa
2. Frekuensi skor jawaban
A. TS : 2 S : 5 SS: 23
B. TS : 5 S : 16 SS : 9
3. Kategori
A. Sangat Setuju
B. Setuju
*Keterangan : TS menununjukkan Tidak Setuju, S menunjukkan Setuju, dan SS menunjukkan Sangat Setuju.

7.4 Hasil
Hasil analisis tingkat pengaruh penggunaan Blackberry menunjukkan bahwa akan menyita banyak waktu dan menjadi sibuk sendiri serta dapat menyebabkan konsumerisme yang tinggi karena konsumen menjadi konsumtif pada pembelian pulsa.

7.5 Analisis Kesetian Merek Blackberry
Penilaian Responden
1. Indikator
A.Pindah ke lain merek smartphone lainnya
2. Frekuensi skor jawaban
A. TS : 19 S : 7 SS : 4
3. Kategori
A. Tidak Setuju
*Keterangan : TS menununjukkan Tidak Setuju, S menunjukkan Setuju, dan SS menunjukkan Sangat Setuju.

7.6 Hasil
Hasil dari analisis diatas dapat dinyatakan bahwa para pengguna memiliki kesetian yang tinggi terhadap produk Blackberry, dan kemungkinan produk Blackberry dapat bertahan lama hingga beberapa tahun kedepan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 9, 2011 inci METODE RISET **

 

Tinggalkan komentar