RSS

NEGARA, WARGA NEGARA, HAK DAN KEWAJIBAN, HAM, DEMOKRASI

13 Feb

Pendidikan Kewarganegaraan meliputi hal-hal yang tercantum dalam kenegaraan atau system politik yang ada disuatu Negara. Contohnya saja hal yang ingin di bahas di bawah ini yaitu tenteng Negara, Warga Negara, Hak dan Kewajiban,HAM, Demokrasi.
a) Negara
Adalah organisasi atau kelompok dari suatu himpunan yang ada didalam suatu masyarakat yang mempunyai suatu cita-cita untuk bersatu dan mempunyai tujuan bersama di dalam suatu system pemerintahan yang berdaulat.

b) Warga Negara
Adalah terjemahan dari kata citizens (bahasa inggris) yang berarti warga Negara, petunjuk dari sebuah kota, sesama warga negara , sesama penduduk, orang setanah air; bawahan atau kaula
Sedangkan Warga Negara sendiri mengandung arti anggota masyarakat yang tinggal di suatu negara.

c) Hak dan Kewajiban
Hak adalah suatu kewenangan atau kekuasaan yang diberikan oleh hukum. Suatu kepentingan yang dilindungi oleh hukum. Baik pribadi maupun umum. Dapat diartikan bahwa hak adalah sesuatu yang patut atau layak diterima. Contoh hak : hak untuk hidup.

Sedangkan kewajiban adalah suatu beban atau tanggungan yang bersifat kontraktual. Dengan kata lain kewajiban adalah sesuatu yang sepatutnya diberikan. Contoh kewajiban : Dalam jual beli, bila kita membeli suatu barang, maka kita wajib membayar barang tersebut.

d) HAM
HAM / Hak Asasi Manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. Sebagai warga negara yang baik kita mesti menjunjung tinggi nilai hak azasi manusia tanpa membeda-bedakan status, golongan, keturunan, jabatan, dan lain sebagainya.

e) Demokrasi
Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Begitulah pemahaman yang paling sederhana tentang demokrasi, yang diketahui oleh hampir semua orang.
Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan politik yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat, baik secara langsung (demokrasi langsung) atau melalui perwakilan (demokrasi perwakilan). Istilah ini berasal dari bahasa Yunani δημοκρατία – (dēmokratía) “kekuasaan rakyat”,yang dibentuk dari kata δῆμος (dêmos) “rakyat” dan κράτος (Kratos) “kekuasaan”, merujuk pada sistem politik yang muncul pada pertengahan abad ke-5 dan ke-4 SM di negara kota Yunani Kuno, khususnya Athena, menyusul revolusi rakyat pada tahun 508 SM.
Hal-hal diatas merupakan pengertian-pengertian yang diambil menurut beberapa sumber.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 13, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: