RSS

MITOS MERAPI

07 Nov

MITOS MERAPI
Di media-media akhir-akhir ini banyak yang mengangkat topic ini karena terdapatnya kejanggakan-kejanggalan sebelum terjadinya merapi meletus. Menurut dari salah satu tayangan di televise, dikatakan terdapat 9 penunggu merapi dan yang paling menarik adalah sosok dari Mbah Petruk. Sosok Mbah Petruk yang sebelumnya muncul pada senin, 01/11/2010 subuh yang dikatakan menjadi suatu pertanda. Dan berikut ini adalah opini tentang masyarakat sekitar tentang Mbah Petruk.
Sugiharto (40), tokoh masyarakat Dusun Sudimoto, Cangkringan, Kabupaten Sleman, meyakini kemunculan awan Mbah Petruk yang sedang tertawa menandakan akan terjadinya letusan besar. Menurut kepercayaan warga lereng merapi, Mbah Petruk adalah sosok jelmaan dari kisah Sabdo Palon Noyo Genggong, salah satu penasihat Prabu Brawijaya, seperti tertulis dalam Serat Darmo Gandul dan ramalan Joyoboyo.
Kisah Prabu Brawijaya bermula pada masa Kerajaan Demak. Disebutkan, Brawijaya mengasingkan diri ke Gunung Lawu. Karanganyar, Jawa Tengah. Sedangkan penasihatnya mengasingkan diri ke Gunung Merapi. Sabdo Palon Noyo Genggong atau dikenal sebagai Mbah Petruk bersumpah, suatu saat akan menagih janji kepada penguasa Tanah Jawa.
Seorang ahli pengobatan komplementer terkenla asal Bangka, Bruder Yanuar Husada, selasa 02/11/2010 lalu juga memprediksi letusan merapai akan mencapai klimaksnya pada 4 atau 5 november 2010, tepatnya kamis malam. Biarawan yang enggan disebut sebagai paranormal ini mengungkapkan, feelingnya mengatakan bahwa semburan terpanjan awan panas Merapi akan mencapai 20 km.
Kemunculan awan Mbah Petruk itu sebelumnya juga dinilai
Ponimin Solehan (50), warga Kaliadem, yang digadang-gadang sebagai bakal calon pengganti Mbah Maridjan sebagai guru kunci merapi, adalah untuk menagih janji. “saya tidak tahu persis, Petruk kan Cuma abdi dalem. Mungkin Petruk akan menagih janji,” kata Mbah Ponimin selasa malam lalu

(Sumber : Warta Warga)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 7, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: