RSS

MENG-AGAMAKAN PANCASILA ??

07 Nov

menurut pandangan saya agama merupakan nilai dasar dan pedoman hidup sedangkan Pancasila merupakan pedoman dalam berbangsa dan bernegaradi Indonesia. Jadi sesungguhnya Pancasila yang berisikan tentang keTuhanan (dalam sila 1), dasar dari adanya sila pertama adalah karena agama sebagai salah satu unsur utama dalam hidup berbangsa dan bernegara karena pentingnya nilai-nilai agama dalam kehidupan ini, maka para pendiri Republik tercinta ini memasukkan dasar agama. Dan hal itu membuktikan bahwa Negara Republik Indonesia memiliki nilai keagamaan/ketuhanan didalam diri masyarakat masing-masing, seperti yang kita ketahui ada beberapa agama yang diakui oleh Negara ini yaitu Islam, Kristen katolik/protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu.
Dan hal tersebut membuktikan bahwa Pancasila menjunjung tinggi nilai-nilai agama bukan berarti meng-agama-kan Pancasila. Pancasila merupakan jiwa dan pandangan hidup bangsa dan sebagai alat pemer satu bangsa.
Contoh :
• Di Parigi Moutong suasana kehidupan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa senantiasa dibina, dikembangkan, dan ditingkatkan sesuai dengan falsafah Negara Pancasila.
• Dalam menjalin kehidupan beragama pemerintahan daerah Kab.Parigi Moutong melalui kantor wilayah Departemen Kabupaten Parigi Moutong melalui kantor wilayah departemen kabupaten Parigi Moutong berusaha membangun suasana hidup yang rukun dan saling menghargai diantara umat beragama yang diarahkan kepada penigkatan amal untuk kepentingan bersama dalam membangun masyarakat, sekaligus dapat mengatasi berbgai masalah social yang mungkin dapat menghambat kemajuan pembangunan itu sendiri.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 7, 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: